Jam Kerja
Setiap Hari, Buka 24 Jam
Telepon
085282540230
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP

Permintaan Jasa Pembersih Rumah Meningkat, Pekerjanya Butuh Perlindungan Ini

Kebersihan dan rapihnya rumah semakin jadi perhatian masyarakat. Ini terjadi utamanya adalah karena semakin tingginya kesadaran untuk menjaga kesehatan keluarga yang salah satunya dimulai dengan menjaga rumah tetap bersih dan rapih.
Fenomena itu menuntut permintaan jasa home cleaning atau pembersih rumah jadi semakin banyak dicari.

Benar saja, menurut data platform proptech end-to-end Pinhome pada tahun 2023, tercatat di Pinhome saja ada peningkatan jumlah Rekan Jasa Pinhome (RJP) sebanyak dua kali lipat. Itu menjadi bukti semakin tingginya permintaan jasa home cleaning di tanah air.

Sejalan dengan itu, kebutuhan jaminan kesehatan dan jaminan perlindungan jiwa pekerja di sektor ini ikut meningkat.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kebon Sirih, Muhyiddin mengatakan, pekerja sektor jasa home cleaning memiliki mobilitas yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya, sehingga resiko terjadinya kecelakaan kerja cukup tinggi.

Oleh karenanya BPJS Ketenagakerjaan hadir sebagai kepanjangan tangan pemerintah memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan apabila terjadi resiko kecelakaan kerja atau kematian.

Seperti diketahui, manfaat dari program JKK yakni, biaya pengobatan dan perawatan tanpa batasan biaya termasuk biaya rehabilitasi, sedangkan manfaat program JKM berupa santunan tunai kepada ahli waris senilai total Rp 42 Juta dan manfaat beasiswa pendidikan anak sampai lulus kuliah.

Melihat hal tersebut, CEO Pinhome, Dayu Dara Permata memandang, layanan JKK dan JKM yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dipandang penting untuk dimiliki para pekerja sektor jasa home cleaning ini sehingga pihaknya tak ragu untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Harapannya, kata dia, akan terwujud kesejahteraan dan rasa aman untuk Rekan Jasa karena sudah terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, tidak hanya untuk pekerja itu sendiri, melainkan juga bagi keluarga di rumah yang akan terdampak apabila peserta terdampak resiko.

Lebih lanjut, Dara menambahkan bahwa untuk perlindungan yang menyeluruh, Pinhome juga menyediakan asuransi untuk Rekan Jasa yang mencakup bantuan untuk pengobatan, cacat tetap, hingga meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, bekerjasama dengan Pasarpolis.

“Dengan perlindungan yang lebih terjamin, Rekan Jasa kini bisa bekerja dengan lebih nyaman dan fokus pada peningkatan kualitas layanan agar dapat selalu memberikan yang terbaik untuk seluruh pelanggan,” imbuhnya.

sumber:  https://www.detik.com/properti/berita/d-7171871/permintaan-jasa-pembersih-rumah-meningkat-pekerjanya-butuh-perlindungan-ini.